
JUKNIS LOMBA MENDONGENG FABEL TINGKAT RA/TK DAN UMUM USIA MAKSIMAL 7 TAHUN
PETUNJUK TEKNIS KEGIATAN LOMBA MENDONGENG FABEL
TINGKAT RA / TK DAN UMUM USIA MAKSIMAL 7 TAHUN
MI MA’ARIF NU 1 BANJARAYAR
Mekanisme Umum Lomba
Peserta adalah :
- Siswa siswi TK/RA Putra / Putri
- Umum (Menyesuaikan Jenis Lomba)
- Peserta mendaftar melalui link https://forms.gle/7sJjC5MCzaVGUjMu5 atau datang langsung ke sekolah
- Pendaftaran dan upload video lomba dari tanggal 3 Mei sampai 31 Mei 2021
- Pengumuman lomba tanggal 3 Juni 2021
- Pembagian hadiah pada tanggal 5 Juni 2021
- Pemenang terdiri dari juara 1, 2, 3 dan harapan 1, 2, 3 berdasarkan penilaian juri
- Hadiah berupa :
- Piala untuk juara 1, 2 dan 3
- Sertifikat untuk juara 1, 2, 3 dan harapan
- Hadiah Menarik untuk juara 1, 2 dan 3
Petunjuk Teknis Lomba Mendongeng Fabel
- Mekanisme lomba
Ketentuan peserta
- Siswa TK/RA dan anak seusianya
- Beragama islam.
- Berbusana seragam sekolah masing-masing.
- Ketentuan dewan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
- Teknis lomba
- Video dimulai dengan mengucapkan salam, perkenalan (Nama, asal sekolah, usia). Ditutup dengan kesimpulan sederhana tentang pesan-pesan dari isi dongeng yang di bawakan dan
- Tema dongeng “Indahnya Perbedaan”
- Durasi waktu pembuatan video 6 menit (terdiri dari pembuka, inti, penutup)
- Video yang dibuat adalah video murni tanpa editing
- Video di kirim melalui WA contact person yang tertera di juknis atau datang langsung ke Madrasah
Video yang dikirim lewat WA dengan Caption sebagai berikut
- Nama lengkap
- Asal sekolah
- Jenis Lomba yang diikuti
- Tagar #MIMABANEVENT2021
Contoh :
Yusuf Bagaskara
RA Sejahtera
Mendongeng Fabel
#MIMABANEVENT2021
- Penilaian
- Suara/ Vokal = nilai maksimal 40
- Ekspresi (Mimik Muka dan Tubuh) = nilai maksimal 40
- Kreatifitas (boleh menggunakan peraga) = nilai maksimal 20
Contact Person ( Mengirim Video Lomba ) : 081226699869 ( WA / Hardiyati)
TEKS MENDONGENG FABEL UNTUK LOMBA SILAHKAN PILIH SALAH SATU
KUPU YANG CANTIK
Di sebuah taman bunga beberapa kupu-kupu sedang berterbangan untuk mencari madu. Mereka sibuk berpindah dari satu bunga ke bunga yang lain dengan gembira. Ada seekor kupu yang cantik sayapnya seperti warna pelangi. Besar badannya terlihat sehat dan lincah.
Satu per satu kupu yang lain mulai memperhatikan Si Cantik. Mereka kagum dengan keindahan sayapnya. Seekor kupu coklat mendekati Si Cantik dan memuji “Wah, Kamu sangat cantik dan terlihat indah ketika kamu sedang terbang”. Namun, Si Cantik tidak mau menjawab bahkan terbang menjauh. Seakan dia yang paling indah tidak mungkin berteman dengan kupu yang buruk sayapnya. Kupu coklat merasa kecewa dia pun pergi. Kupu yang lain akhirnya tidak mau menyapa Si Cantik karena sikapnya yang sombong. Se ekor Belalang mengetahui peristiwa tersebut lalu berusaha mendekati Si Cantik dan memberi nasehat “Hai cantik, hati-hati dengan sikapmu nanti kamu tidak memiliki teman ketika kamu meminta tolong”. Namun Si Cantik tidak peduli tiba-tiba hujan rintik turun. Belalang memberi tahu semua hewan di taman bunga untuk segera berteduh. Si Cantik yang asik memamerkan sayapnya tidak terlalu mendengar, dan hujan pun semakin deras Si Cantik sayapnya basah. Terasa berat untuk terbang dan Si Cantik terjatuh ke tanah. Sayapnya kotor dan sobek. Dia merintih kesakitan. Keindahan sayapnya rusak oleh kesombongannya.
Akhirnya si cantik menyesali sikap sombong dan tidak menghargai teman. Dia menangis apa yang dia banggakan ternyata sudah rusak.
INDAHNYA PERBEDAAN
Di atas sebuah pohon mahoni ada dua sarang burung yang ditempati. Di pucuk pohon mahoni adalah sarang burung sayap kuning dan di tengah pohon adalah sarang burung sayap coklat. Kedua burung tersebut sudah biasa bertemu ketika waktu sore hari. Yaitu waktu untuk burung beristirahat pulang ke sarang.
Ada perbedaan bentuk sarang keduanya, Si Kuning sarangnya bentuknya tertutup dan ada satu pintu masuk. Sedangkan Si Coklat sarangnya berbentuk bundar dan tidak memiliki atap. Ternyata keduanya saling memperhatikan keadaan sarang mereka. Si Kuning menyapa “Hai Coklat, luas sekali sarangmu, tidak seperti aku yang sarangnya sempit”. Lalu Si Coklat menjawab “Benarkah ? aku lihat sarangmu lebih nyaman karena tidak kehujanan dan kepanasan”. Ternyata mereka saling memperhatikan dan mengungkapkan kelebihan sarang mereka. Setelah saling mengungkapkan akhirnya mereka memutuskan untuk saling bekerja sama membuat sebuah sarang yang luas dan nyaman. Mereka terlihat rukun dan berusaha membuat sarang terbaik bagi mereka berdua.
Akhirnya mereka berhasil membuat sarang yang luas dan beratap sehingga nyaman untuk mereka tempati. Karena kesungguhan mereka mau saling membantu dan bekerja sama.
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
LAPORAN PENGGUNAAN DANA MADRASAH TAHUN 2023
Dalam rangka kewajiban Bendahara untuk menyampaikan LPJ Bendara BOS Madrasah, berikut kami sampaikan informasi terkait laporan keuangan tahun anggaran 2023 : 1. Apa itu laporan pertang
Sosialisasi Pertemuan Walimurid kelas 1 MIMA 1 Banjaranyar Tahun Ajaran 2023/2024
Banjaranyar – Pada hari Rabu, 5 Juli 2023 MIMA banjranyar mengadakan acara sosialisasi, yakni pertemuan wali murid kelas I. Pertemuan Wali Murid tersebut dilaksanakan di MI Ma'
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MI MA'ARIF NU 1 BANJARANYAR
Kegiatan Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan oleh Peserta didik di luar jam belajar di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan, bertujuan untuk mengembangkan potensi
LAPORAN KEUANGAN TAHUN ANGGARAN 2022 MI MA'ARIF NU 1 BANJARANYAR
Dalam rangka kewajiban Bendahara untuk menyampaikan LPJ Bendara BOS Madrasah, berikut kami sampaikan informasi terkait laporan keuangan tahun anggaran 2022 : 1. Apa itu laporan pertang
MIMABAN Menggelar Parenting Managemen Emosi Anak dan Orang tua
Sabtu 18 Maret 2023 Mi Ma'arif NU 1 Banjaranyar menggelar acara parenting yang dihadiri oleh wali Siswa Taman kanak kanak / Raoudlotul Athfal sekitar Banjaranyar Kecamatan Pekuncen, y
ALHAMDULILLAH SATU ANAK HAFAL JUZ 30. SELAMAT UNTUK
Nada nama panggilannya, merupakan siswi kelas Vb di MIMABAN, dia berhasil mengkhatamkan hafalan juz 30. dia lahir dari keluurga santri, ayahnya adalah ust. Rijal Nurdi
Integrasi Data dan Program SIMPATIKA Semester 2 Tahun 2021/2022
Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah menerbitkan Surat Edaran tentang Integrasi Data dan Program SIMPATIKA Semester 2 Tahun 2021/2022
MENINGKATKAN RASA EMPATI SISWA MELALUI MATERI MENGHINDARI AKHLAK TERCELA MELALUI KISAH TSA’LABAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF NU 01 BANJARANYAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020
https://docs.google.com/document/d/1Rt2gDw-3ITBcP8dnZL9fc3Hsxz82gykk/edit?usp=sharing&ouid=102301707271214351764&rtpof=true&sd=true